0

Indahnya Wisata Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng berlokasi di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar dua ribu meter diatas permukaan laut di antara kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Dieng tidak hanya indah karena wisata bukit dan pegunungannya, namun juga menawarkan pesona yang sangat memikat berupa banyak pilihan wisata lain seperti telaga, kawah, air terjun, gua kompleks candi kuno dan lokasi-lokasi bersejarah lain hingga menawarkan wisata kuliner unik dan berkhasiat untuk kesehatan.

dataran tinggi dieng amerta edutravel

 

Berikut ini daftar lokasi wisata pilihan terfavorit di dataran tinggi Dieng.

1. Kompleks Candi Hindu Kuno

Dataran tinggi Dieng dikenal sebagai tempat bersemayamnya para dewa dan dewi karena panoramanya yang luar biasa indah ditambah dengan berdirinya kompleks candi Hindu kuno. Arsitektur candi yang digunakan sebagian besar diadaptasi dari bangunan candi India. Terdapat beberapa nama tokoh yang populer dalam kisah Mahabarata sebagai nama beberapa kompleks candi disini. Beberapa diantaranya adalah kompleks candi Arjuna, Gatot Kaca, Dwarawati dan Bima. Berbagai kegiatan adat masyarakat Hindu kuno juga menjadi daya tarik khusus yang menyebabkan ribuan pengunjung terus berdatangan hadir setiap tahunnya. Dieng Culture Festival merupakan salah satu daya tarik terbesar dari sekian banyak pagelaran adat di Dieng yang selalu ditunggu wisatawan lokal maupun internasional.

2. Kawah, Telaga dan Air Terjun Dieng 
Terdapat tiga kawah yang masih aktif di kawasan ini, yaitu Kawah Si Kidang, Kawah Candradimuka dan Kawah Sileri. Ketiga kawah tersebut memiliki karakteristik unik masing-masing. Selain kawah yang masih terus mengepulkan asap tersebut terdapat beberapa telaga yang tidak kalah unik. Delapan kawah paling populer di kawasan Dataran Tinggi Dieng diantaranya Telaga Menjer, Telaga Pengilon, Telaga Warna, Telaga Merdada, Telaga Cebong, Telaga Sewiwi, Telaga Dringo dan Telaga Balekambang. Setelah kawah dan telaga, atraksi alam yang sangat dicari pengunjung adalah air terjun. Terdapat air terjun yang dikenal dengan nama Air Terjun Sikarim, Air Terjun Siloka dan Air Terjun Sirawe.

3. Kawasan Bukit dan Pegunungan Dieng

Sudah menjadi rahasia umum tentang ketenaran bukit Si Kunir yang dari puncaknya setiap pengunjung dapat menikmati golden sunrise yang konon merupakan sunrise terindah di dunia. Belokasi di Desa Sembungan, medan pendakian bukit Sikunir tergolong relatif ringan membutuhkan waktu yang singat dibandingkan dengan pendakian di bukit atau gunung lain dengan pemandangan yang spektakuler. Namun bagi pendaki pemula, sangat disarankan untuk menyewa pemandu lokal untuk memudahkan proses pendakian. Barang bawaan wajib ketika mendaki Bukit Sikunir adalah baju hangat, senter atau alat penerangan lain, logistik secukupnya, obat-obatan pribadi serta tenda untuk berjaga-jaga apabila hujan turun terlalu lebat atau fenomena alam ekstrim lain yang kerap sulit untuk diprediksi.

Sangat terasa bukan, hebatnya pilihan wisata di Dataran Tinggi Dieng yang luar biasa lengkap. Mulain dari situs candi Hindu kuno, berbagai telaga, kawah, air terjun hingga bukit dengan titik sunrise terindah di dunia tersedia disini. Jadi tunggu apa lagi, berwisata ke Dataran Tinggi Dieng tidak hanya menawarkan wisata alam yang spektakuler namun juga wisata budaya Jawa yang sangat kental.
Kapan saja dan darimana saja Anda yang ingin berwisata ke Dataran Tinggi Dieng, kami Amerta Edutravel siap untuk mengantarkan liburan Anda dan membuatnya lebih mudah, menyenangkan. Kami adalah penyedia paket wisata yang profesional dan berpengalaman.

Email : amerta.edutravel@gmail.com

gurnito

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *