0

Wisata Kawah, Telaga, dan Air Terjun Terbaik di Dieng

Begitu banyaknya pilihan lokasi dalam area Dieng Plateau memang membuat pengunjung membutuhkan referensi yang cukup dalam memilih lokasi wisata. Amerta Edutravel secara khusus akan mengulas macam-macam lokasi favorit pilihan yang tersedia dalam kategori kawah, telaga, dan air terjun; kompleks percandian; serta kawasan bukit dan pegunungan. Wisata Kawah, Telaga, dan Air Terjun Terbaik di Dieng:

 

A. Kawah Aktif Terfavorit Dieng Plateau

kawah sileri

kawah sileri

Tiga kawah yang masih aktif di dataran tinggi Dieng yaitu Kawah Si Kidang, Kawah Candradimuka dan Kawah Sileri. Kawah-kawah tersebut memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Area kawah Si Kidang didominasi oleh warna putih karena endapan sulfur. Kawah ini dinamai Si Kidang yang dalam bahasa Indonesia berarti Si Kijang karena kolam-kolam kawah yang didihan lumpurnya meloncat-loncat layaknya Kijang yang suka meloncat. Selain itu, di sekitar Kawah Si Kidang juga terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal (PLTG).

Berikutnya, Kawah Candradimuka dikenal luas oleh masyarakat Jawa sebagai kawah tempat Gatotkaca ditempa sehingga memiliki otot kawat dan tulang besi. Jika dilihat dari sudut pandang bahasa, Candradimuka berarti sinar bulan. Kawah ini merupakan salah satu kawah paling populer karena kisahnya dalam dunia pewayangan. Kawah selanjutnya, Kawah Sileri merupakan kawah terluas di dataran tinggi Dieng. Daerah sekitar Kawah Sileri terdapat kegiatan pengeboran atas Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Kawah yang terglong sangat aktif ini dinamakan Sileri karena warna air kawah yang seperti air cucian beras yang oleh masyarakat Jawa dinamakan leri. Unik, bukan? Ketiga kawah tersebut merupakan objek wisata kawah yang paling dicari para pengunjung sampai saat ini.

 

B. Cantiknya Telaga Dieng Plateau

Telaga Cebong

Telaga Cebong

Selain beragam kawah yang sangat menawan, terdapat pula begitu banyak telaga di dataran tinggi Dieng. Delapan telaga paling populer diantaranya adalah Telaga Menjer, Telaga Pengilon, Telaga Warna, Telaga Merdada, Telaga Sewiwi, Telaga Cebong, Telaga Dringo dan Telaga Balekambang. Mulai dari telaga terbesar, Telaga Menjer yang berlokasi di Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo dengan luas sekitar 70 Hektare. Menuju lokasi Telaga Menjer dapat juga ditempuh melalui Kecamatan Kejajar sebagai jalur alternatif. Telaga Pengilon dan Telaga Warna merupakan dua telaga paling populer yang terletak bersebelahan namun memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Telaga warna memiliki kandungan sulfur yang sangat tinggi. Sebagai telaga vulkanik yang bercampur dengan belerang, sinar matahari yang dipantulkan permukaannya menghasilkan bermacam-macam warna yang menawan, terkadang berwarna hijau, biru, kuning, atau bahkan berwarna seperti pelangi.

Di seberang selatan Telaga Warna, terdapat Telaga Pengilon yang hanya dipisahkan oleh terbendungnya Sungai Tulis karena lava. Menurut mitos, Telaga Pengilon mampu merefleksikan isi hati setiap orang yang bercermin di permukaan telaga. Mereka yang memiliki hati yang bersih akan tampak cantik atau tampan sedangkan mereka yang memiliki hati kotor akan tampak jelek dari permukaan telaga. Berbeda dengan Telaga Merdada yang dahulunya merupakan kawah gunung berapi yang terisi air hingga terbentuk semacam danau yang sangat luas. Daerah sekitar Telaga Merdada masih sangat asri dengan rentetan pohon cemara serta merdunya kicauan burung dan karena medannya yang bersahabat lokasi ini sering digunakan untuk berkemah.

Berkebalikan dengan Telaga Merdada, terdapat Telaga Swiwi yang bukan merupakan bekas kawah dan sumber airnya berasal dari dalam tanah dan dari air hujan. Bergeser ke Desa Sembangun, terdapat Telaga Cebong yang airnya dimanfaatkan penduduk setempat untuk keperluan irigasi. Selanjutnya, di desa Pekasiran dan sejalur dengan kawah Candradimuka terdapat Telaga Dringo yang disebut juga sebagai puncaknya Telaga Dieng karena berada di ketinggian 2.222 Meter diatas permukaan laut. Telaga terakhir, Telaga Balekambang adalah danau yang difungsikan sebagai tempat penyumpanan air dan drainase dengan tujuan mengantisipasi banjir di kompleks Candi Arjuna karena lokasinya yang berdekatan.

Banyak bukan pilihan telaga di dataran tinggi Dieng? Ulasan Wisata Kawah, Telaga, dan Air Terjun Terbaik di Dieng belum berakhir, selain telaga ada pula pilihan destinasi berair segar yang lain, yaitu air terjun. Berikut ini ulasan singkatnya.

 

C. Air Terjun di Kawasan Pegunungan Dieng Plateau

Tiga air terjun di kawasan dataran tinggi Dieng adalah Air Terjun Seloka, Sikarim dan Sirawe. Air Terjun Seloka terletak di kabupaten Wonosobo dan tergolong kawasan Dieng plateau bagian timur. Air Terjun Sikarim terletak 20 KM di utara kota Wonosobo dengan medan tempuh yang cukup menantang dengan kontur jalan yang curam dan tikungan tajam. Namun perjalanan yang sulit akan terbayar ketika telah berjumpa dengan air terjun dengan ketinggian 24 Meter dengan latar belakang bukit Sikunir ini.

Dapat dipastikan pula kondisi sekitar air terjun masih sangat asri dengan berbagai tanaman langka di sekitarnya, bahkan Air Terjun Sikarim disebut-sebut sebagai surganya khayangan Dieng. Namun sayangnya lokasi air terjun belum dikelola dengan baik sehingga belum ada fasilitas pengunjung yang menunjang. Berbeda dengan kedua air terjun sebelumnya yang terletak di Wonosobo, Air Terjun Sirawe berlokasi di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Tidak jauh berbeda dengan Air Terjun Sikarim, medan tempuh Air Terjun Sirawe juga cukup menantang karena setelah medan aspal berakhir pengunjung hanya dapat mengakses air terjun ini dengan berjalan kaki melalui jalan setapak di dalam hutan. Dengan medan tempuh yang sulit ini dapat dipastikan Air Terjun Sirawe menawarkan pesona yang tidak dimiliki air terjun lain, dengan ketinggian 80 Meter curug ini juga memiliki dua sumber mata air. Satu sember mata air panas berasal dari geothermal pegunungan Dieng dan satu sember mata air dingin dari aliran sungai sekitar.

Luar biasanya dataran tinggi Dieng memang pantas membuatnya menjadi tujuan wisata pilihan untuk liburan alam terbaik anda. Banyaknya pilihan atraksi alam yang tersedia membuat Anda tidak pernah bosan berada di kawasan ini.

Kapan saja dan darimana saja Anda yang ingin berwisata ke tempat-tempat eksotis syarat dengan wisata alam dan budaya, kami Amerta Edutravel siap untuk mengantarkan liburan Anda dan membuatnya lebih mudah, menyenangkan. Kami adalah penyedia paket wisata yang profesional dan berpengalaman.

gurnito

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *